Jumat, 22 Juli 2016

Ringkasan dalil berpegang teguh kepada al-qur'an dan as-sunnah


Untuk tulisan kedua dalam blog saya ini juga masih menyangkut tentang tema blog ini sendiri, tentang 'kumpulan dalil'.

Tentu saja bagi teman-teman yang lagi searching kesana kemari untuk nyari tema seperti blog ini. Juga butuh alasan dong kenapa sibuk mencari ayat-ayat dan hadist dalam suatu permasalahan.

Iya kan?

Dan karena itu juga, sekarang saya sebagai penulis blog ini menulis tema ini . Biar sama-sama punya alasan dan tujuan gitu..

Oh ya berhubung tema 'berpegang teguh kepada al-qur'an dan as-sunnah' bisa sangat panjang sekali pembahasannya. Maka saya mau meringkasnya dulu disini, baru setelah itu bagi yang mau lebih mendalam boleh mengklik link yang akan saya sertakan.

Thoyib langsung saja.

1. Ayat tentang Perintah untuk kembali kepada al-qur'an dan as-sunnah dalam perselisihan
ﻳَﺎ ﺃَﻳُّﻬَﺎ ﺍﻟَّﺬِﻳﻦَ ﺁﻣَﻨُﻮﺍْ ﺃَﻃِﻴﻌُﻮﺍْ ﺍﻟﻠّﻪَ ﻭَﺃَﻃِﻴﻌُﻮﺍْ ﺍﻟﺮَّﺳُﻮﻝَ ﻭَﺃُﻭْﻟِﻲ ﺍﻷَﻣْﺮِ ﻣِﻨﻜُﻢْ ﻓَﺈِﻥ ﺗَﻨَﺎﺯَﻋْﺘُﻢْ ﻓِﻲ ﺷَﻲْﺀٍ ﻓَﺮُﺩُّﻭﻩُ ﺇِﻟَﻰ ﺍﻟﻠّﻪِ ﻭَﺍﻟﺮَّﺳُﻮﻝِ ﺇِﻥ ﻛُﻨﺘُﻢْ ﺗُﺆْﻣِﻨُﻮﻥَ ﺑِﺎﻟﻠّﻪِ ﻭَﺍﻟْﻴَﻮْﻡِ ﺍﻵﺧِﺮِ ﺫَﻟِﻚَ ﺧَﻴْﺮٌ ﻭَﺃَﺣْﺴَﻦُ ﺗَﺄْﻭِﻳﻼً ‏
“Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara kalian.
Kemudian jika kalian berselisih akan sesuatu perkara, maka kembalikanlah perkara tersebut kepada Allah (Al-Qur’an) dan Rasul (sunnahnya), (dan yang demikian itu akan kalian lakukan )jika kalian benar-benar beriman kepada Allah dan hari akhir. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya.” (Q.S. An-Nisa’ [4]: 59)

2. Hadist tentang sebab terhindar dari ketersesatan hanya dengan berpegang teguh pada al_qur'an dan as-sunnah
ﺗَﺮَﻛْﺖُ ﻓِﻴْﻜُﻢْ ﺃَﻣْﺮَﻳْﻦِ ﻟَﻦْ ﺗَﻀِﻠُّﻮْﺍ ﻣَﺎ ﺗَﻤَﺴَّﻜْﺘُﻢْ ﺑِﻬِﻤَﺎ : ﻛِﺘَﺎﺏَ ﺍﻟﻠﻪِ ﻭَﺳُﻨَّﺔَ ﺭَﺳُﻮْﻟِﻪِ
Aku telah tinggalkan kepada kalian dua  perkara. Yang (dengannya) kalian tidak akan tersesat selama kalian berpegang teguh kepada keduanya, (yaitu) Kitab Allah dan Sunnah Rasul-Nya.
( HR. Malik, al-Hakim, al-Baihaqi dan lainnya.)

3. Wasiat rasulullah untuk berpegang kepada al_qur'an dan as-sunnah dizaman penuh cobaan dan perselisihan
ﻓَﺈِﻧَّﻪُ ﻣَﻦْ ﻳَﻌِﺶْ ﻣِﻨْﻜُﻢْ ﺑَﻌْﺪِﻱ ﻓَﺴَﻴَﺮَﻯ ﺍﺧْﺘِﻠَﺎﻓًﺎ ﻛَﺜِﻴﺮًﺍ ﻓَﻌَﻠَﻴْﻜُﻢْ ﺑِﺴُﻨَّتيِ ﻭَﺳُﻨَّﺔِ ﺍﻟْﺨُﻠَﻔَﺎﺀِ ﺍﻟْﻤَﻬْﺪِﻳِّﻴﻦَ ﺍﻟﺮَّﺍﺷِﺪِﻳﻦَ ﺗَﻤَﺴَّﻜُﻮﺍ ﺑِﻬَﺎ ﻭَﻋَﻀُّﻮﺍ ﻋَﻠَﻴْﻬَﺎ ﺑِﺎﻟﻨَّﻮَﺍﺟِﺬِ ﻭَﺇِﻳَّﺎﻛُﻢْ ﻭَﻣُﺤْﺪَﺛَﺎﺕِ ﺍﻟْﺄُﻣُﻮﺭِ ﻓَﺈِﻥَّ ﻛُﻞَّ ﻣُﺤْﺪَﺛَﺔٍ ﺑِﺪْﻋَﺔٌ ﻭَﻛُﻞَّ ﺑِﺪْﻋَﺔٍ ﺿَﻠَﺎﻟَﺔٌ
sesungguhnya barangsiapa yang hidup diantara kalian setelahku, maka ia akan melihat perselisihan yang melimpah. Maka wajib bagi kalian untuk berpegang teguh kepada sunnahku dan sunnah para khalifah yang mendapatkan petunjuk dan lurus. Peganglah! dan giggitlah (kuat kuat) dengan gigi geraham! Dan Jauhilah semua perkara yang baru dalam agama, karena semua perkara baru dalam agama itu adalah bid’ah, dan semua bid’ah itu adalah sesat.

(Hadist ini diriwayatkan oleh al-‘Irbadh bin Sariyah. Dan dikeluarkan oleh Abu Daud, Tirmidzi, ad-Darimi, Ahmad dan lainnya ).
.
.
Selesai.
.
.
Insya Allah ini sudah yang paling ringkas dan berbobot. Jangan sampai gak hafal ya sob..  Rugi kalo dalil-dalil yang seperti ini aja sampai lupa..

Nah sekarang bagi teman teman yang mau lebih mendalam lagi dalam mencari dalil tentang tema ini. Maka saya akan sertakan link yang berkaitan dengan tema dalam blog ini;

1. Kumpulan dalil perintah berpegang teguh kepada al-qur'an dan as-sunnah
2.  Kumpulan dalil keutamaan berpegang teguh kepada al-qur'an dan as-sunnah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar